Friday, May 20, 2005

QUANTUM MEMORY

MEMORI: PRINSIP DAN TEKNIK

Sebelum ilmu pengetahuan modern mengenai otak, yaitu neurofisiologi dan psikologi, mengungkapkan kekuatan dan potensi yang luar biasa dari otak manusia, bangsa Yunani telah menemukan bahwa kinerja mental dapat ditingkatkan secara luar biasa dengan menggunakan teknik tertentu.
Bangsa Yunani mengembangkan sistem memori mendasar yang disebut mnemonik, sebuah nama yang diambil dari Dewi Memori yang mereka puja, Mnemosyne.
Teknik mnemonik ini dipertukarkan di antara anggota kaum intelektual yang elit di masa itu, dan dipergunakan untuk tugas mengingat hal yang sangat banyak dengan prestasi tinggi dalam masyarakat yang memberikan kekuatan pribadi, ekonomi, politik, dan militer kepada orang yang melakukannya.
Jadi bangsa Yunani adalah 'Gladiator Pikiran', stadion mereka adalah gelanggang intelektual, dan senjata utama mereka adalah Memori. Mereka akan saling melontarkan pertanyaan menyangkut bilangan, nama, dan urutan Negara Kota Yunani, dan frasa tepat yang dikutip dari karya sastra besar serta butir-butir hukum.
Mereka yang menang akan menjadi Senator, pahlawan, dan pemimpin sosial. Teknik itu didasarkan pada prinsip-prinsip fundamental yang, walaupun mudah dan menyenangkan untuk diterapkan, mempunyai pengaruh jelas dalam memperbaiki memori.

Tiga Prinsip Memori

Bangsa Yunani menemukan, dengan melakukan introspeksi, diskusi dan pertukaran ide, bahwa memori pada umumnya didasarkan pada ASOSIASI; bahwa memori bekerja dengan menghubungkan berbagai hal menjadi satu. Misalnya, segera setelah otak Anda mencatat kata 'apel' otak akan ingat (menghubungkan) warna, rasa, tekstur, dan bau dari buah itu, dan juga pengalaman, teman, dan peristiwa yang berhubungan dengannya.
Di samping Asosiasi, bangsa Yunani menyadari bahwa, agar sesuatu dapat diingat, hal itu harus merupakan GAMBARAN atau citra yang luar biasa dan melibatkan beberapa indra.
Tiang ketiga dari Memori adalah LOKASI. Dengan kata lain, otak Anda akan ingat sesuatu yang mempunyai gambaran dan asosiasi, memori/gambarannya juga harus berada di lokasi khusus.
Di sini perpustakaan dapat dipakai sebagai analogi yang baik. Bila Anda berjalan memasuki perpustakaan yang mempunyai koleksi satu juta buku, dan ingin menemukan sebuah buku khusus, mana yang akan lebih mudah bila seluruh buku itu ditumpuk di lantai di tengah ruangan dan Anda harus mencarinya secara acak, atau bila buku-buku itu dibuat katalognya dengan rapi dan elegan serta disusun? Jelas keadaan kedua lebih mudah. Kuasai Memori Anda akan membantu Anda melakukan tepat seperti itu untuk otak Anda!

Dua Belas Teknik Memori

Terdapat 12 teknik khusus yang membantu memori Anda dalam menggunakan asosiasi, gambaran, dan lokasi. Bila Anda menyusun huruf pertama dari ke 12 teknik kunci ini (dalam bahasa Inggris), akan tersusun frasa 'SMASHIN' SCOPE'. Ini cocok, karena dengan menerapkan ke 12 teknik ini memberikan 'smashin' scope' (kesempatan mendobrak) pada pandangan moral memori Anda.

1. Synaesthesia/Sensuality (Sinestesia/Sensualitas)
Sinestesia merujuk pada bauran dari yang dirasakan oleh indra. Pengingat terkenal 'alami' pada umumnya, dan semua ahli mnemonik, mengembangkan kepekaan yang semakin tinggi dari setiap indra mereka, dan kemudian membaurkan yang dirasakan indra ini untuk meng­hasilkan ingatan yang meningkat. Dalam mengembangkan memori Anda harus meningkatkan kepekaan dan melatih secara teratur:

a)
penglihatan
e) perabaan
b)
pendengaran
f) kinestesia – kesadaran
c)
penciuman
posisi badan Anda dan
d)
pencecapan
gerakan dalam ruang.
2. Movement (Gerakan)
Dalam gambaran mnemonik apa pun, gerakan menambah rentang kemungkinan raksasa dari otak Anda 'menghubungkan' dan oleh karena itu akan ingat. Kalau gambaran Anda bergerak, buat menjadi tiga dimensi.
3. Association (Asosiasi)
Apa pun yang ingin Anda ingat, pastikan Anda mengasosiasikan atau menghubungkan­nya dengan sesuatu yang stabil dalam lingkungan mental Anda.
4. Sexuality (Seksualitas)
Kita semua mempunyai memori yang baik di bidang ini. Gunakan!
5. Humour (Humor)
Semakin aneh, tidak masuk akal, lucu, dan tidak nyata yang Anda buat, gambaran itu akan semakin mudah Anda ingat. Bersenang-senanglah dengan memori Anda.
6. Imagination (Imajinasi)
Einstein berkata, 'Imajinasi lebih penting ketimbang pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang kemajuan, melahirkan evo­lusi. 'Semakin banyak Anda menerapkan imajinasi Anda pada memori, memori Anda akan semakin baik.
7. Number (Nomor)
Memberi nomor menambah spesifikasi dan efisiensi pada prinsip susunan dan urutan.
8. Symbolism (Simbolisme)
Menggantikan bayangan yang biasa atau membosankan dengan yang lebih berarti meningkatkan kemungkinan untuk mengingat.
9. Colour (Warna)
Kalau memadai, dan kalau memungkinkan, gunakan semua waarna pelangi, untuk membuat ide Anda lebih 'berwarna-warni' dan oleh karena itu lebih mudah diingat.
10. Order and/or Sequence (Susunan dan/atau Urutan)
Dalam kornbinasi dengan prinsip-prinsip yang lain, susunan dan/atau urutan memungkin­kan jauh lebih banyak rujukan seketika, dan meningkatkan kemungkinan otak untuk 'mengakses secara acak'.
11. Positive images (Bayangan positif)
Dalam bayangan yang paling seketika, positif dan menyenangkan lebih baik untuk tujuan diingat, karena bayangan positif membuat otak ingin kembali ke bayangan itu. Bayangan negatif tertentu, walaupun menerapkan semua prinsip di atas, dan walaupun bayangan itu sendiri 'mudah diingat', mungkin dihambat oleh otak karena otak merasa kemungkinan kembali ke bayangan seperti itu tidak menyenangkan.
12. Exaggeration (Berlebih-lebihan)
Dalam semua bayangan Anda, buat ukuran, bentuk, warna, dan suara berlebihan.

Sekarang setelah Anda memiliki 3 prinsip utama dan 12 teknik, renungkan dengan seksama dalam imajinasi Anda Cerita mengenai Planet. Ketika Anda menelusurinya, selangkah demi selangkah, hitunglah berapa kali cerita itu menggunakan ketiga prinsip tadi, dan berapa banyak dari 12 teknik di atas.
Sekarang Anda dapat mengetahui mengapa Anda melakukan dengan demikian cemerlang, dan mengapa, bila Anda menggunakan memori Anda dengan cara yang didesain untuk digunakan, hasilnya akan luar biasa bagi Anda.


Penegasan Modern untuk Pengetahuan Yunani

Riset mengenai otak yang dilakukan baru-baru ini, terutama di bidang korteks serebri kiri dan kanan, membenarkan bahwa kita semua mempunyai, terdistribusikan di seluruh bagian otak kita yang paling maju secara evolusi, rentang keterampilan mental luar biasa yang me­merlukan pelatihan dan perkembangan yang tepat agar dapat terwujud dan tumbuh. 'Keterampilan korteks kiri dan kanan' ini termasuk yang berikut ini.
1) Kata-kata 6) Kelinieran 11) Menciptakan ulang
2) Susunan 7) Kemampuan analitik 12) Dimensi
3) Urutan 8) Irama 13) Kesadaran ruang
4) Nomor 9) Warna 14) Gestalt (gambaran keseluruhan)
5) Daftar 10) Imajinasi
Dalam otak sebelah belakang dan di tengah, dan terdistribusi sebagian di seluruh otak bagian atas, terdapat kemampuan mental tambahan kita untuk hal-hal sebagai berikut.
1) Melihat 4) Mencecap 7) Tanggapan
2) Mendengar 5) Sentuhan 8) Bertindak emosional
3) Mencium bau 6) Gerak dalam tiga dimensi

Kreativitas dan Memori

Dari teori yang telah Anda pahami dan latihan yang telah Anda selesaikan mengenai mengingat-ingat nama dan urutan Planet, hubungan dekat yang luar biasa antara memori yang dipergunakan dengan tepat dan kreativitas akan mulai menjadi jelas.
Mesin utama dari kreativitas Anda adalah IMAJINASI Anda. Jenius kreatif melalui perjalanan imajinatif, membawa orang ke alam orisinil dan belum pernah dijelajahi. Di sana, ASOSIASI baru mengangkat realisasi baru yang oleh dunia disebut terobosan kreatif-karya jenius mental yang dapat menggeser perjalanan sejarah.
Jadi demikianlah yang terjadi dengan Leonardo da Vinci, Darwin, Archimedes, Newton, Cezanne, dan Einstein.
Jadi sekarang jelas bahwa memori adalah menggunakan imajinasi dan asosiasi untuk menahan masa lalu di tempat yang tepat dan untuk MENCIPTAKAN ulang masa lalu di masa kini; sedangkan kreativitas adalah penggunaan imajinasi dan asosiasi untuk menariamkan pemikiran masa kini di masa depan, dan untuk MENCIPTAKAN ulang pemikiran masa kini, baik itu berupa puisi, simfoni, hubungan ilmu pengetahuan, bangunan, atau wahana ruang angkasa, dalam waktu di masa depan.
HaI penting di sini adalah bahwa, walaupun nama dan tujuannya mungkin sedikit berbeda, prinsip yang mendasari IMAJINASI dan ASOSIASI identik. Oleh karena itu, baik Anda mempraktikkan atau menerapkan teknik memori, Anda pada waktu yang sama mempraktikkan dan meningkatkan kekuatan kreativitas Anda.
Latihan ini bagi otak sama dengan latihan senam bagi badan. Semakin sering Anda berlatih dalam 'Gedung Olahraga Mnemonik, 'otot' memori dan kreativitas Anda akan semakin berkembang.
Melanjutkan ide ini sedikit lebih jauh, rumus baru untuk mengembangkan genius Anda muncul: semakin banyak Energi yang Anda tanamkan untuk mengembangkan Memori Anda, Kreativitas Anda akan semakin tumbuh. Anda mempunyai kapasitas yang tak terhingga untuk melakukan ini. Dengan kata lain energi plus dan 'ke dalam’ memori sama dengan kreativitas tak terhingga. Rumus itu dapat ditulis kan sebagai berikut.

E + M=C¥

Rumus Mental Baru yang menunjukkan bahwa bila Anda memasukkan energi ke dalam memori Anda. Anda tidak akan menghasilkan memori yang sempurna, melainkan kreativitas yang semakin luas dan secara potensial tak terbatas.

Para Juara Penghafal

Orang-orang yang mempunyai ingatan hebat mempunyai otak yang sama seperti semua orang lain. Mereka hanya menggunakannya secara lebih efektif. Pilihlah favorit Anda dari daftar di bawah ini, dan jadikan mereka model peran bagi Anda. Ini akan merupakan langkah pertama dalam membangun kelompok guru dan pedoman perencana intelektual internal Anda.

1. Antonio di Marco Magliabechi mampu membaca seluruh buku-­buku, dan mengingatnya tanpa melupakan satu kata atau tanda baca pun. Dia akhirnya menghafal seluruh per­pustakaan Grand Duke of Tuscany.
2. Profesor A.C. Aitken, Profesor Matematika di Universitas Edinburgh, dengan mudah mampu mengingat letak 1000 desimal pertama dari nilai Pi - ke depan dan ke belakang.
3. Orang Amerika, Daniel McCartney, di abad ke-19, di usia 54 tahun, dapat mengatakan apa yang telah dilakukannya setiap hari sejak dia masih kecil. Dia dapat menyebutkan tanggal dengan tepat, dan kondisi cuaca hari tersebut, dan mengatakan apa yang dimakannya untuk makan pagi, makan siang, dan makan malam hari apa pun.
4. Christian Friedrich Heinecken di usia 10 bulan dapat berbicara dan menirukan setiap kata yang diucapkan kepadanya. Di usia 3 tahun dia telah hafal sebagian besar sejarah dan geografi dunia, serta juga menghafalkan bahasa Latin dan Prancis.
5. Paul Charles Morphy adalah juara catur yang dapat mengingat setiap langkah dari setiap pertandingan yang dimainkannya sepanjang kariernya mengikuti kejuaraan, termasuk yang telah dimainkannya dengan mata tertutup. Pernyataannya didukung oleh fakta bahwa hampir 400 dari pertandingannya tercatat hanya karena dia mampu mendiktenya lama setelah peristiwa itu berlangsung, dan gerakan itu dibenarkan oleh lawannya dan wasit yang hadir.
6. Themistocles mampu mengingat 20.000 nama warga negara Athena.
7. Xerxes mempunyai reputasi mampu mengingat nama 100.000 pria yang bergabung dalam pasukan perangnya.
8. Kardinal Messofanti, seorang ahli bahasa di abad ke-19, mampu mengingat kosa kata antara 70 dan 80 bahasa, termasuk Latin, Yunani, Arab, Spanyol, Prancis, Jerman, Swedia, Portugis, Inggris, Belanda, Denmark, Rusia, Polandia, Bohemia, Serbia, Hongaria, Turki, Irlandia, Welsh, Albania, Sanskerta, Persia, Georgia, Armenia, Yahudi, Cina, Coptic, Ethiopia, dan Amharic.
9 Keluarga Shass Pollak orang Yahudi di Polandia mampu mengingat posisi dengan tepat di halaman dari setiap kata dalam seluruh 12 buku Talmud.
10. Buku keagamaan yang panjang, seperti Talmud dan bahkan Naskah Weda yang lebih panjang dari India kuno, juga diturunkan berdasarkan ingatan.
11. Dr Susan Whiting, Juara Dunia Wanita Memori, mengingat jauh lebih dari 5000 data dengan SEM3
12 Dominic O'Brien, enam kali Juara Dunia Memori memegang rekor dunia dalam memori yang tak terhitung, termasuk menghafalkan satu tumpukan kartu dalam 33,8 detik; 18 tumpukan kartu dihafalkan dengan tepat dalam satu jam; dan lebih dari 2000 digit biner dalam waktu kurang dari 30 menit!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home